Monday, February 24, 2020

Review dan Spesifikasi Reel Spinning Fugu Amaya

Fugu Amaya hadir sebagai jembatan antara kelas bawah yang ekonomis dengan Kelas menengah yang mulai menguras isi dompet. Desainnya sangat bagus dan harganya sangat murah. Power Handle dengan warna keemasan yang memikat mata siapapun yang melihatnya

Fugu Amaya, Power Handle berwarna Emas

Yang menjadikan reel terlihat elegan adalah warna keemasan pada spool dan handlenya. Dengan berbekal Power Handle yang bisa di pindah pindah dan jumlah ball bearing yang melimpah, reel ini akan menjadi salah satu rekomendasi bagi kelas ekonomis.


Spesifikasi Reel Spinning Fugu Amaya

Fugu amaya dibuat dengan komponen yang mencukupi untuk reel kelas menengah kebawah. Bodi utama menggunakan material graphite yang cukup kuat meskipun tidak sekokoh aluminum. Pada Bodi yang berwarna hitam glossy ini Fugu menempatkan drive gear dengan rasio 6,2:1.

Untuk Bagian rotor, fugu juga menggunakan bahan graphite dan diberi aksen chrome metalic yang sepertinya akan dapat dengan mudah mengelupas jika sering terkena air laut. untuk memaksimalkan kinerja rotor yang telah menggunakan teknologi computer balanced ini, fugu memberikan Amaya sebuah Bail Wire yang cukup tebal. Bail ini juga berwarna emas dan terlihat kokoh.

Bagian Spool dibuat cukup modis dengan beberapa lubang lubang pemanis. pada bagian inlay tali pancing, Fugu memberikan aksen grip yang "mungkin" ditujukan agar pengguna dapat menggunakan tali braid secara langsung tanpa menggunakan sambungan senar sebagai dasaran, seperti Rubber Inlaynya Daiwa, Shimano, atau Penn.

Spesifikasi lain yang mungkin perlu disebutkan adalah Reel Spinning Fugu Amaya ini telah dilengkapi dengan power handle yang bisa dipindah kiri atau kanan (interchangeable). Handle ini berwarna emas dengan desain yang licin minim aksen tegas dan dilengkapi knob berbahan Eva yang cukup lembut dan nyaman meskipun bentuknya gak terlalu besar.





Pengalaman Memakai Reel Spinning Fugu Amaya

Sebelumnya kami juga pernah memakai reel dari fugu yang harganya jauh lebih murah (Fugu Sake) namun sepertinya kami kurang menyukai karena belum power handle dan knob pengunci handle nya sering longgar.

Reel Spinning Fugu Amaya menurut pendapat saya sangat smooth pada saat retrieve pada beban ringan. 12+1 ball bearing terlihat dapat bekerja dengan baik. Untuk knob pemutar drag didesain cukup besar dan elegan memudahkan kita saat mengatur tingkat drag.

Pada saat kami menggunakan reel ini, Bail wire juga berfungsi dengan sangat baik, membuat tali pancing langsung meluncur ke roller begitu kita menutup spool.

Videonya dapat dilihat dibawah ini. Jangan lupa Subscribe dan ikuti terus karena sebentar lagi akan ada giveaway joran dan reel dari kelas menengah.



Adakah kelemahan atau kekurangan Reel Spinning Fugu Amaya?

Tiada gading yang tak retak (kata orang), tapi ngejudge sesuatu juga harus pakai otak. Reel Spinning Fugu Amaya hanyalah sebuah reel di kisaran harga 300rban, tidak layak jika kita menuntut fugu memberikan sebuah reel yang sempurna.

Namun jika anda ingin sekedar tahu apa yang sekiranya menjadi kelemahan reel ini, mari kita bahas.

Yang pertama adalah baut baut pada bodi Reel Spinning Fugu Amaya ini sangat mudah berkarat. Kami menyarankan anda segera mengganti baut baut bodi ini dengan baut yang lebih tahan karat sebelum terlalu berkarat dan tidak dapat dilepas.

Kedua kemampuan Drag/washer pada Reel Spinning Fugu Amaya terlihat cukup mudah kewalahan. Kami beberapa kali memainkan drag ini pada beban yang berbeda beda namun pada kondisi ekstrim dengan beban berat, kami mendapati bahwa drag washer pada reel ini kurang mampu menangani tugasnya. 

Kami memang tidak mengetahui pastinya berapa tingkat ketahanan drag pada reel ini, namun pada saat bertarung dengan ikan yang cukup lumayan (3 sampai 8kg) Kami sering merasa bahwa cengkraman drag pada reel ini cukup lemah. Kami juga tidak yakin ini terjadi pada reel kami saja atau pada keseluruhan seri Reel Spinning Fugu Amaya. yang jelas, spool masih dapat ditarik ikan dan terputar dengan mudah padahal posisi knob pada drag sudah diputar hingga maksimal.

Kami kira untuk "kekurangan" pada reel ini hanya pada bagian bagian tersebut, dan untuk masalah drag yang kami temui, kami berharap bahwa ini hanya masalah pada unit kami.

Kesimpulan Reel Spinning Fugu Amaya

Pada rentang harga yang mirip dengan amaya, Fugu juga merilis beberapa reel yang Serupa seperti Kano, Ryu, dll. Semuanya memiliki desain dan spesifikasi yang hampir sama kecuali bagian spool dan handle.

Source: https://www.sungaidanau.com