Thursday, September 3, 2020

Jenis dan Manfaat Ikan Bawal Untuk Kesehatan

Ikan bawal memiliki jenis yang beragam, Begitu juga manfaat ikan bawal yang belum disadari banyak orang. Jenis ikan bawal banyak ditemukan di berbagai wilayah Indonesia dengan beragam jenisnya yang terdapat di air tawar.

Selain rasanya yang nikmat, jenis ikan ini memiliki banyak nutrisi yang membantu untuk kesehatan tubuh Anda. Selain itu ikan ini termasuk dalam jenis ikan yang memiliki nilai jual tinggi mirip-mirip ikan gurame yang cara perawatannya mudah.

Manfaat Ikan Bawal


Jenis dan Manfaat Ikan Bawal

Ikan Bawal berasal dari perairan air tawar yang berada di Amerika Serikat, namun sudah tersebar hingga ke seluruh negara. Di Brazil ikan ini akan banyak dijumpai di sekitar Sungai Amazon dan juga pada Sungai Orinoco, Venezuela. 

Di luar negeri, umumnya ikan ini dikenal dengan nama red belly, sesuai dengan warna perutnya yang kemerahan. Ikan bawal diperkirakan ada di indonesia pada sekitar tahun 1986 dan menjadi salah satu ikan hias dan kemudian mulai dikembangkan budidayanya. Usaha ikan bawal semakin pesat karena kecepatan tumbuh, dan permintaan konsumsi yang cukup tinggi dari masyarakat.

Dalam hal budidaya, Ikan bawal dapat tumbuh dengan cepat. Dengan perawatan dan teknik yang tepat, ikan bawal bisa mencapai berat 1Kg hanya dalam waktu 3 bulan. Sebagai jenis pemakan daging, tentu kita harus memperhatikan pemberian pakan ikan ini dengan serius karena berpotensi memangsa jenisnya sendiri jika kekurangan makanan.

Jenis-jenis Ikan Bawal

Ikan bawal memiliki beberapa jenis yang membuat berbeda baik secara fisik, maupun lingkungan tempat tinggalnya. Ikan yang agresif ini ada yang hidup di air tawar, dan ada juga yang hidup di air asin.

1. Bawal Putih

Manfaat Ikan Bawal Putih


Sebutan lain dari bawal putih ini adalah silver pomfret. Ikan ini umumnya terdapat pada habitat air tawar dan kadang di air payau. Ikan bawal putih biasanya mendiami tempat dengan air yang cukup dalam dan berlumpur.

Ikan bawal putih biasanya hidup secara berkelompok dan tersebar hampir di seluruh perairan di indonesia. Ikan yang hobinya memakan udang kecil dan ikan kecil lainnya ini memiliki bentuk tubuh yang khas, dengan sirip yang lebih panjang dibandingkan bawal jenis lainnya.

Warna sirip ikan bawal putih ini lebih gelap dibandingkan dengan warna tubuhnya yang putih abu abu. Pada usia dewasa, ikan bawal putih dapat mencapai berat 2kg dengan panjang hingga 30cm.

2. Bawal Hitam

Manfaat Ikan Bawal Hitam


Sesuai dengan namanya, Bawal hitam yang memiliki nama lain black pomfret ini terlahir dengan warna abu abu tua yang gelap sedikit ungu. Ikan ini banyak terdapat di perairan indonesia dari muara sungai yang agak dangkal sampai lautan dengan kedalaman hingga 100 meter.

Tekstur daging ini lembut dengan rasa yang enak sehingga nilai di pasaran cukup tinggi. Bawal hitam hidup bergerombol dan memakan plankton, udang udang kecil, atau ikan ikan yang sangat kecil.

3. Bawal Air Tawar

Manfaat Ikan Bawal Air Tawar


Ikan bawal air tawar selain dikonsumsi juga banyak yang menjadikannya sebagai ikan hias. Bentuk fisik ikan bawal air tawar lebih bulat memanjang dengan warna tubuh bagian atas abu abu gelap sedangkan pada bagian sirip dada berwarna kemerahan.

Manfaat ikan bawal air tawar untuk kesehatan sangat banyak karena ikan ini memiliki kandungan gizi yang tinggi, Kaya nutrisi seperti Omega 3 dan Omega 6, Protein, dan Vitamin. Ikan bawal air tawar banyak dikonsumsi oleh mereka yang sedang melakukan program diet.

Manfaat ikan Bawal untuk kesehatan

Selain rasanya yang gurih dan lembut, Ikan bawal juga memiliki kelebihan lain dalam hal kesehatan. Berikut ini adalah manfaat ikan bawal bagi tubuh manusia

1. Manfaat Ikan Bawal Sebagai Sumber Nutrisi Tubuh

Ikan Bawal sebagai salah satu binatang air tentu memiliki nilai gizi yang tinggi terutama Protein dan Vitamin. Diperkaya dengan Omega 3 dan 6 tentu manfaat ikan bawal semakin banyak. 

Meningkatkan kesehatan tubuh, Kekebalan terhadap berbagai penyakit, dan daya tubuh semakin kuat. Selain itu, mengkonsumsi ikan bawal bagi anak anak juga sangat baik untuk meningkatkan kinerja otak dan kecerdasan anak.

2. Manfaat Ikan Bawal Untuk Mencegah Stroke

Stroke dapat menyerang kita terutama orang dewasa. Salah satu nutrisi yang terdapat pada bawal dapat mencegah terjadinya resiko gejala stroke.

Ikan bawal sangat dianjurkan dikonsumsi oleh masyarakat karena tinggi vitamin dan rendah lemak sehingga tidak membahayakan untuk mereka yang memiliki kemungkinan serangan stroke.

3. Manfaat Ikan Bawal dalam Menjaga Kesehatan Otak

Kesehatan otak merupakan sesuatu yang penting dan harus kita jaga. Nutrisi untuk otak yang sangat penting adalah Omega 3 dan ikan bawal memiliki nutrisi tersebut. 

Kandungan gizi dan omega3 pada ikan bawal dapat meningkatkan kecerdasan otak, membantu mempertajam daya ingat, dan mejaga kesehatan saraf otak kita. Otak yang sehat akan memiliki kinerja maksimal dan mencegah kita untuk gampang lupa atau pikun di usia muda.

4. Manfaat Ikan Bawal Dalam Mencegah Munculnya Penyakit

Ikan bawal memiliki manfaat lain dalam kesehatan yaitu meningkatkan daya tahan tubuh kita dan mencegah timbulnya masalah kesehatan. Mengkonsumsi ikan bawal secara teratur dan seimbang akan membantu mencegah datangnya beberapa penyakit seperti penyakit jantung, kolesterol, dan beberapa sakit akibat gangguan gizi lain.

Selain itu, kandungan nutrisi pada ikan bawal juga membantu memperlancar peredaran darah, mengurani resiko darah beku, dan mencegah penyumbatan pembuluh darah.

5. Manfaat Ikan Bawal Untuk Mencegah Penuaan Dini

Salah satu kandungan vitamin pada ikan bawal adalah Vitamin E dan B1 yang terbukti secara klinis membantu mencegah terjadinya penuaan dini. Vitamin tersebut membantu kulit tetap halus, tidak mudah keriput, Kering, dan lain lain.

Selain itu, Ikan bawal juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi sehingga membantu kita mengurangi resiko penyakit mata seperti Rabun, sakit mata, dan gangguan kesehatan pada mata yang lainnya.

Manfaat Ikan Bawal Secara Umum

Ikan bawal memiliki rasa yang enak, gurih, dengan tekstur daging yang lembut. Permintaan akan konsumsi ikan bawal setiap hari semakin meningkat sehingga memiliki potensi usaha yang sangat bagus.

Bagi dunia kesehatan, Kandungan gizi dan nutrisi pada ikan bawal sangatlah bagus karena mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah beberapa penyakit dalam. 

Kandungan Omega pada ikan bawal sangat efektif untuk meningkatkan kesehatan otak, mempertajam ingatan, dan membantu menjaga kita agar tidak mudah lupa. Selain itu, Kandungan vitamin A dan E juga membantu menjaga kesehatan mata dan kulit kita.

Tentu saja masih banyak manfaat ikan Bawal lainnya yang masih belum kita sadari. Dalam dunia bisnis dan kesehatan, ikan bawal menjadi salah satu peluang yang sangat menjanjikan.